Sponsor Paling Sering Nongol di Jersey Klub Sepakbola Dunia

Dalam sebuah pertandingan sepakbola, pasti kamu sadar atau tak sadar memperhatikan logo sponsor yang tercantum di jersey pemainnya. Kelihatannya mungkin sepele, dan kalau sponsornya sudah berganti pun tak terlalu jadi bahan obrolan yang penting dibandingkan prestasi dari pemain atau klubnya.

Sponsor Paling Sering Nongol di Jersey Klub Sepakbola Dunia

Penyematan logo sponsor di jersey sebuah klub apalagi kelas dunia merupakan salah satu penanda sepakbola modern. Sekaligus merombaknya menjadi lahan bisnis yang sangat gila-gilaan karena bukan cuma logo klub sepakbola dunia yang dicintai penggemarnya, tapi adanya logo sponsor yang turut disematkan di situ. Nah, sebenarnya sponsor apa sih yang paling sering nongol di jersey klub sepakbola dunia? Coba diingat-ingat dulu mulai dari klub sepakbola favoritmu. Masih tak ingat atau bahkan tak tahu? Di bawah ini yuk mari bahas apa saja sponsor dan logonya yang silih berganti kerap menghiasi jersey klub sepakbola dunia.

Fly Emirates

Perusahaan besar ini menyematkan logonya di jersey PSG dengan nilai kontrak mencapai 28 juta per tahun. Pendapatan total dari klub bisa sampai 51 juta per tahun dari pihak sponsor yang memasang logonya. Sedangkan jersey untuk klub ini disediakan oleh Nike yang nilainya mencapai 23 juta per tahun.

Fly Emirates juga memasang sponsor untuk Arsenal. Klub The Gunners ini memperoleh pendapatan dari perusahaan tersebut dengan nilai 43 juta per tahun. Sedangkan jersey disediakan oleh Puma dengan nilai yang sama per tahunnya. Fly Emirates pun menjadi sponsor utama untuk stadiun Arsenal. Sehingga pendapatan dari klub ini bisa lebih dari 86 juta per tahunnya.

Fly Emirates pun memasang sponsor untuk raksasa Real Madrid. Nilainya sebesar 34 juta setiap tahun. Para pemain klub ini mengenakan jersey yang distok oleh Adidas dengan nilai kontrak 158 juta per tahun. Sponsor stadiunnya adalah UAE dengan nilai 28 juta setiap tahun. Alhasil, setiap tahunnya klub besar ini mengeruk untung besar dengan total pendapatan dari sponsor mencapai 220 juta setiap tahun.

Fly Emirates memang cukup sering kita jumpai logonya di klub-klub besar dunia. Selain beberapa yang disebutkan di atas, masih ada AC Milan. Tahun 2011 silam, klub Serie A Italia ini menandatangani kontrak sponsor dengan perusahaan dari Dubai itu.

Jeep

Klub yang mengenakan jersey dengan logo sponsor perusahaan ini adalah Juventus. Bersaing di Seri A Italia, klub ini mendapatkan suntikan dana yang istimewa dari perusahaan yang memasang sponsornya di jersey garis-haris hitam putih. Nilainya mencapai 19 juta per tahun, masih ditambah perolehan sebesar 26 juta per tahun dari Adidas yang menyediakan jersey. Untuk total pendapatan klub ini bisa menembus angka 53 juta per tahun dengan tambahan sponsor stadiun dari Sportsfive.

Ettihad

Perusahaan ini menjadi sponsor utama dari klub Manchester City. Pendapatannya mencapai angka hingga 57 juta per tahun yang sekaligus menjadi sponsor stadiun. Sedangkan jersey-nya disediakan oleh Nike dengan nilai 17 juta per tahun. Kalau ditotal selama satu tahun, pendapatan klub ini dari sponsor mendekati angkat 75 juta per tahunnya.

Standard Chartered

Sebagai pihak perusahaan yang memasang sponsor untuk Liverpool, Standard Chartered menggelontorkan dana hingga sebesar 43 juta per tahun. Jersey-nya sendiri distok oleh New Balance dengan penghasilan yang bisa mencapai 36 juta per tahun. Dengan begitu, nilai total dari pendapatan sponsor klub berjuluk The Reds ini bisa hampir 80 juta per tahun.

Qatar Sport Investment

Perusahaan ini bersama Intel memasang sponsor untuk Barcelona dengan total 41 juta per tahun. Sedangkan Nike sebagai penyedia jersey mengalirkan dana setiap tahunnya sebesar 40 juta. Jika dikalkulasikan dari semua pendapatan sponsor itu, Barcelona mampu meraup 81 juta per tahun.

Yokohama

Memasang sponsor untuk raksasa dari Liga Utama Inggris yaitu Chelsea. Pendapatan klub ini dari sponsor itu saja bisa mencapai angka 57 juta per tahunnya. Chelsea masih mengeruk keuntungan dari jersey yang disediakan oleh Adidas. Nilainya mencapai angka 41 juta per tahun. Hitung saja total jendral dari pendapatan semua sponsor besar itu yang diperoleh oleh Chelsea yaitu sekitar 99 juta per tahun.

Deutsche Telekom

Perusahaan besar ini dikenal dari logonya yang terpasang di jersey Bayern Muenchen. Klub raksasa Bundesliga ini memperoleh pendapatan mencapai 34 juta per tahun dari sponsor utama tersebut. Untuk sponsor stadiunnya adalah Allianz dengan nilai 9 juta per tahun. Jersey resmi dari klub distok oleh Adidas dengan nilai kontrak sebesar 68 juta per tahun. Keseluruhan pendapatan Muenchen dalam setahun dari semua sponsor itu mencapai angka 111 juta per tahun.

Chevrolet

Manchester United adalah klub yang disponsori oleh merek otomotif mewah ini. Nilainya sebesar 80 juta per tahun. Pendapatan tersebut masih ditambah lagi oleh sponsor stadiun dari AON mencapai nilai 22 juta per tahun. Supplier jersey klub ini adalah Adidas dengan kontrak per tahun sebesar 107 juta setiap tahunnya. Dihitung keseluruhan, nilai pendapatan klub ini dari semua sponsor yang ikut bisa lebih 209 juta per tahun.

Beberapa Sponsor Sepak Bola Lainnya

Beberapa Sponsor Lainnya

Di samping banyaknya sponsor yang ada dalam klub-klub raksasa itu, masih ada sejumlah perusahaan ternama yang mencantumkan logo mereka untuk sejumlah klub. Porsinya memang tidak begitu sering atau malah nyaris terabaikan. Namun dilansir dari judi bola bahwa nilai kontraknya pun sama-sama menguntungkan antara klub dan perusahaan tersebut. Kebanyakan adalah perusahaan otomotif yang punya nama besar seperti beberapa di bawah ini.

Mercedes Benz

Perusahaan yang berdiri di Kota Stuttgart ini memasang logonya untuk VFB Stuttgart dan tim nasional Jerman. Dikenal sebagai perusahaan yang sangat nasionalis, wajar jika logonya tercantum di dua jersey itu. Perusahaan ini pun menjadi sponsor resmi untuk stadiun VFB Stuttgart. Mercedes Benz menunjukkan kepeduliannya pada potensi lokal dari kota tempat perusahaan itu berdiri dan beroperasi, serta menguatkan rasa nasionalismenya dengan memasang logo di tim nasional Jerman.

Audi

Merek dan logo terkenal dari perusahaan ini kerap menghiasi sejumlah jersey klub di Eropa. Dari Real Madrid sampai Muenchen pernah atau masih menjalin kerjasama dengan perusahaan itu. Menariknya lagi, perusahaan ini juga menyediakan kendaraan resmi bagi jajaran ofisial pelatih sampai para pemain.

Mazda

Perusahaan otomotif dari Jepang ini pernah menjalin kerjasama dengan salah satu klub Serie A Italia, Fiorentina. Tepatnya di tahun 2011 silam dan menghiasi jersey klub berwarna identik ungu itu. Namun Mazda sendiri sudah sangat masyhur sebagai perusahaan otomotif yang merajai berbagai pangsa pasar di beberapa belahan benua.

Demikianlah nama sejumlah sponsor yang kerap kita jumpai pada jersey klub-klub besar Eropa. Ternyata yang paling sering nongol adalah Fly Emirates. Perusahaan dari Dubai ini membuktikan reputasinya sebagai salah satu raksasa bisnis yang berpengaruh dalam jagad sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *