berita bola

Apa yang Harus Dilakukan untuk Memiliki Skill Seperti Pemain Bola Kelas Dunia?

Apa sih yang harus dilakukan supaya kita menjadi seorang pemain sepakbola yang barangkali levelnya seperti kelas dunia? Kamu harus melihat dulu siapa yang bertanya itu. Kalau yang bertanya adalah seorang remaja berusia SMP atau malah sudah jadi mahasiswa dan sangat serius waktu mengajukan kalimat tersebut, bilang saja padanya untuk melupakan hal itu. Mau jadi pemain sepakbola kelas dunia dan niat itu baru muncul saat kamu sudah menginjak usia belasan tahun atau malah dua puluhan tahun? Mendingan main PES saja. Bahkan kalau kamu tergolong orang yang rutin berolahraga, khususnya sepakbola atau futsal, jika punya keinginan semacam itu adalah hal yang sangat konyol.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Memiliki Skill Pemain Kelas Dunia

Mengapa demikian? Kita lihat saja contoh dari para pemain kelas dunia yang sekarang sudah dan masih bermain untuk klub-klub besar. Mereka bukanlah pemain yang mengawali karir dari masa-masa formal. Atau dari remaja yang sudah bersekolah secara konvesional lalu tahu-tahu terjun ke dalam dunia sepakboa. Memang ada yang bersekolah di akademi sepakbola dan akhirnya bisa melanjutkan karir di klub yang mengelola sekolah tersebut. Tetapi banyak pula yang tak punya kejelasan nasib alias sudah tak punya peluang masuk di sebuah klub besar karena faktor usia.

Faktor lainnya adalah keberuntungan. Dan ini yang paling sering terjadi dan tidak bisa diduga. Banyak cerita dari para pemain kelas dunia yang dulunya mengalami masa kecil suram. Mereka memang punya bakat dan kemampuan yang istimewa. Tapi serasa tak mungkin pula untuk menjejakkan kaki mereka di lapangan hijau stadiun mewah. Butuh sentuhan dari seorang pencari bakat yang tersebar ke berbagai negara dan menemukan emas-emas muda untuk dipoles demi masa depan.

Kita lanjutkan saja pada hal yang rasional, yaitu bagaimana cara memiliki kemampuan atau skill yang setidaknya mendekati level pemain sepakbola dunia. Kalau disimpulkan dalam beberapa kata, jawabannya adalah latihan, latihan, dan terus latihan.  Lho, bukannya itu sama saja dengan apa yang dilakukan setiap hari? Yang kita bicarakan adalah metode dan kedisiplinanmu sebagai orang yang hendak memiliki kemampuan semacam itu.

Jenis Latihan Sepakbola

Jenis Latihan Sepakbola

Bagaimana sih latihan sepakbola para pemain dunia itu? Jawabannya jelas tidak sama. Lebih mudah kalau kita bandingkan pada sekolah formal sepakbola di Indonesia. Dalam sebuah sekolah yang khusus untuk mempelajari dan mengasah kemampuan sepakbola, tentu ada rangkaian kurikulum yang wajib dipraktikkan.

Seluruh rangkaian latihan itu pun harus dilakukan secara benar dan tepat. Lebih baik jika ada pengarah atau instruktur yang secara tekun memantau perkembangan dari setiap harinya. Dan ini sangat sulit ketika kamu dengan santainya melontarkan pertanyaan apakah mungkin menjadi seorang pemain sepakbola dengan kualitas yang mirip dengan pemain dunia.

Pemanasan

Sebelum latihan inti, ada pemanasan yang wajib dijalani. Ini adalah prinsip dari setiap aktivitas olahraga yang kita jalankan. Dalam panduan pendidikan sepakbola, banyak sekali jenis latihan dan pemanasannya. Salah satunya adalah pemanasan ala Brazil yang diperkenalkan dalam empat jenis gerakan. Masing-masing gerakan ini ditujukan untuk meningkatkan respons selama berlari di atas lapangan, menggocek bola, dan membidik sasaran di gawang. Semua itu dijalani dengan sederhana hingga pada tingkatan yang lebih kompleks. Apa saja sih jenis pemanasan untuk latihan ini?

Pertama, tanpa gerakan maju dan mundur. Maksud dari latihan pemanasan ini ialah supaya kamu bisa melatih respons saat kondisi tanpa tekanan. Kondisi tanpa tekanan maksudnya bergerak leluasa di atas lapangan saat tidak sedang menghadapi pemain lain atau kondisi pertahanan yang sedang diserang atau menyerang.

Hal kedua adalah latihan menggunakan bola. Beragam teknik gerakan diterapkan di sini. Mulai dari gerakan jungkir balik, sit-down, dan sebagainya. Tujuannya adalah melatih respons dalam situasi yang dinamis. Maksudnya, kamu tak pernah bisa memprediksi dari mana dan ke mana bola di atas lapangan akan mengarah.

Latihan ketiga adalah berlari sprint jarak pendek. Caranya adalah menendang bola ke depan hingga sekitar berjarak 15 m, kejar bola itu di tempat berhentinya. Lalu tendang lagi ke arah di mana kamu tadi menendang, dan kejar ketika bola itu sudah berhenti. Lakukan saja berulang-ulang hingga terbiasa.

Terakhir adalah latihan dengan gerakan maju dan mundur di lapangan. Latihan ini dimaksudkan untuk melatih respons saat dalam situasi yang sangat menekan. Latihan ini lumayan berhasil jika kamu bisa menyesuaikan diri pada setiap tempo berbeda.

Dan lagi-lagi kita akan bertanya, apakah dengan semua metode di atas bakal menjamin kamu bakal punya kemampuan seperti pemain kelas dunia? Bukankah itu semua adalah latihan-latihan dasar bagi seorang pemain bola? Ya. Dan kamu pun tak bisa menampik kenyataan bahwa ada jutaan anak kecil di berbagai belahan dunia yang barangkali punya mimpi yang mirip satu sama lainnya untuk menjadi pemain kelas dunia. Dan mereka pun tak bermain dengan dasar-dasar teori yang cenderung kaku.

Jadi, apa masalahnya? Bagaimana dengan kondisi fisik yang harus dimiliki oleh seorang pemain kelas dunia? Main sepakbola secara profesional harus punya kondisi yang sangat fit. Ia harus selalu memiliki asupan nutrisi yang cukup dan lagi punya gaya hidup yang sehat. Tentu sangat berkebalikan kalau kita tarik kembali fenomena dari betapa banyaknya pemain kelas bintang yang dahulu hidupnya sangat kesusahan dan bahkan jauh dari potensi gizi. Tapi yang kita bicarakan adalah para pemain bintang yang sudah mapan. Mereka telah melewati banyak hal dalam hidupnya. Yang pasti adalah mereka punya motivasi yang sangat kuat dan intensitas berlatih yang jauh dari kebanyakan orang normal.

Tapi hitung-hitung sebagai pengetahuan umum, untuk menjadi pemain sepakbola bintang itu ada segudang konsekuensi yang wajib dipahami dan ditaati. Lihat saja pada Christiano Ronaldo. Ia adalah sosok pemain mega bintang dengan bayaran termahal di dunia. Dan berbeda dari apa yang sering dibayangkan kebanyakan orang mengenai sosok pesohor dunia, Ronaldo adalah orang yang sangat disiplin dalam latihan dan gaya hidup. Ia merupakan tipikal pemain yang sangat disiplin dan nyaris tak pernah melewatkan jadwal latihan kecuali ada hal lain.

Sementara itu, Ronaldo pun dikenal sebagai pemain yang tak pernah minum minuman beralkohol hingga merokok. Ia tahu bagaimana caranya menjaga tubuhnya supaya selalu sehat, bugar, dan fit, dengan konsekuensi logisnya sebagai sosok pemain bintang bayaran mahal. Toh, masih banyak cara lain untuk menikmati kehidupan ini dengan tidak merusak kesehatan tubuh sendiri.

Intinya, kalau mau memiliki skill minimal sepersekian persen saja dari seorang pemain level dunia, kamu harus selalu melatih badan kamu. Jagalah kesehatan dan tingkatkan kualitas hidup dengan tak membuang waktu yang bisa merugikan tubuhmu sendiri. Pokoknya terus berlatih dan kuatkan mentalmu untuk menghadapi berbagai tekanan saat di atas lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *