Apa Kesibukan Para Pemain Bintang Setelah Gantung Sepatu?

Pemain sepakabola profesional dapat dikatakan sebagai sosok yang mendedikasikan hidupnya pada olahraga tersebut. Keseharian para pemain sepakbola profesional biasanya dipenuhi dengan latihan dan persiapan menjelang pertandingan. Terlebih lagi di negara Eropa dengan jadwal pertandingan yang padat. Seorang pemain sepakbola seringkali harus menjalani 2 hingga 3 pertandingan dalam satu pekan. Pemain sepakbola merupakan sebuah profesi yang unik; kebanyakan pemain memulai karir sepakbola mereka sejak masih berusia belasan dengan bergabung di sebuah akademi sepakbola sebelum akhirnya menjadi pemain profesional penuh. Kebanyakan pemain sepakbola profesional hanya memiliki rentang karir kurang lebih 10 tahun sebagai pemain utama. Beberapa pemain memang menjadi perkecualian karena memiliki rentang karir yang panjang sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu atau pensiun.

Apa Kesibukan Para Pemain Bintang Setelah Gantung Sepatu

Layaknya sosok yang mendedikasikan hidupnya pada sepakbola semasa menjadi pemain. Beberapa pemain sepakbola profesional yang telah pensiun tetap menjalani hidup mereka di sekitar dunia sepakbola. Sedangkan beberapa mantan pemain sepakbola melanjutkan hidup mereka dengan menekuni profesi atau kegiatan baru yang tidak berhubungan dengan sepakbola. Berikut ini beberapa kisah mantan pemain sepakbola dalam menjalani hidup dan profesi setelah gantung sepatu.

Mantan Pemain Sepakbola Yang Melanjutkan Karir Di Dunia Sepakbola

Salah satu pilihan karir yang banyak dipilih oleh para mantan pemain sepakbola profesional adalah menjadi pelatih. Menekuni karir kepelatihan sepertinya menjadi kelanjutan dedikasi mereka pada olahraga sepakbola. Ada cukup banyak sosok yang sukses semasa menjadi pemain sepakbola dan sukses mengulang sukses tersebut ketika telah menjadi pelatih. Sedangkan mantan pemain sukses yang gagal saat menjadi pelatih atau manajer tim sepakbola juga cukup banyak. Keinginan untuk menjadi pelatih atau manajer tim sepakbola biasanya sudah diputuskan saat seorang pemain mendekati penghujung karirnya. Beberapa pemain bahkan telah mengikuti semacam kursus untuk mendapatkan lisensi kepelatihan.

Sosok Pep Guardiola dan Zinedine Zidane sepertinya layak untuk disebut sebagai mantan pemain sukses yang mampu mengulang sukses sebagai pelatih. Pep Guardiola merupakan bagian dari generasi emas pemain Barcelona di era 90-an bersama dengan Luis Enrique yang kini juga menjadi manajer klub asal Katalan tersebut. Guardiola sukses meraih beberapa tropi sebagai pemain Barcelona; kemampuannya sebagai sebagai peracik strategi terasah sejak menjadi pemain yang menempati posisi gelandang bertahan. Setelah sukes menangani Barcelona dan Bayern Munich; kini Pep Guardiola merupakan manajer Manchester City. Persaingan ketat di Liga Primer Inggris dan keberadaan beberapa manajer kelas dunia di liga tersebut ternyata membuat Guardiola gagal mengulang sukses di Spanyol dan Jerman.

Mantan Pemain Sepakbola Yang Melanjutkan Karir Di Dunia Sepakbola

Sedangkan Zinedine Zidane yang merupakan mantan pemain yang sukses bersama Juventus dan Real Madrid; kini menjabat sebagai manajer El Real. Sempat menjadi staf kepelatihan tim yunior Real Madrid hingga menjadi manajer tim Castilla; Zidane akhirnya ditunjuk sebagai manajer di pertengahan musim lalu untuk menggantikan posisi Rafael Benitez yang dinilai gagal. Meraih tropi Liga Champions Eropa di akhir musim lalu merupakan pencapaian yang luar biasa. Kini Zidane masih memiliki peluang membawa kembali Real Madrid menjadi juara Eropa dan sekaligus menjadi juara La Liga Spanyol.

Jika ada mantan pemain yang sukses sebagai manajer; ada pula mantan pemain yang belum mampu meraih sukses menjadi manajer jika tidak boleh disebut gagal. Gary Neville yang merupakan mantan bintang dan kapten Manchester United merupakan salah satunya. Gagal total saat menangani Valencia bersama Phillip Neville sang adik; kini Gary menjadi manajer sepakbola dengan status tanpa klub. Situasi yang sama juga dialami oleh mantan bintang Setan Merah lain; Ryan Giggs juga menjadi manajer yang kini dalam posisi tanpa klub. Berbeda dengan Neville yang dipecat dari Valencia; Giggs mengundurkan diri dari keterlibatan kegiatan kepelatihan di Manchester United setelah kedatangan Jose Mourinho. Giggs sebelumnya merupakan asisten manajer Louis van Gaal di klub tersebut; namun kedatangan Mourinho membuat posisi Giggs digeser dari asisten pelatih. Sempat dikabarkan mendapat tawaran menangani Swansea City dan tim nasional Wales; Giggs ternyata memilih untuk mengambil waktu jeda dari kegiatan kepelatihan dengan alasan menunggu tawaran yang tepat.

Beberapa mantan pemain sepakbola profesional ada pula memilih jalur selain pelatih atau manajer; namun terlibat dalam pengelolaan klub. Direktur teknis atau direktur olahraga merupakan jabatan yang seringkali ditempati oleh mantan pemain. Sebut saja Patrick Kluivert yang kini menjadi direktur klub Perancis Paris Saint Germain. Sedangkan mantan bintang tim nasional Jerman Mathias Sammer pernah menjabat sebagai direktur olahraga klub Bayern MUnich dan kemudian digantikan oleh mantan bintang Jermain lain Lothar Matthaus yang kini menjabat posisi tersebut.

Mantan Pemain Sepakbola Yang Aktif Di Dunia Penyiaran

Selain menjadi manajer atau pelatih sepakbola; banyak mantan pemain sepakbola memilih karir di bidang penyiaran untuk menjadi analis atau komentator pertandingan. Beberapa mantan pemain bintang kini masih sering terlihat di layar kaca sebagai analis atau komentator pertandingan. Mantan Liverpool Jamie Redknapp, Steve McManaman dan Jamie Carragher merupakan mantan pemain yang sukses menjalani karir baru di dunia penyiaran. Ketiganya kini sering tampil sebagai analis pertandingan di stasiun televisi ESPN. Ada banyak mantan pemain Liga Primer Inggris yang kini aktif sebagai pundit atau komentator pertandingan sepakbola. Sebut saja Thierry Henry, Alan Shearer hingga Owen Hargreaves yang kerap muncul di layar televisi saat sebuah pertandingan sepakbola disiarkan.

Mantan Pemain Sepakbola Yang Menekuni Bisnis Setelah Pensiun

Beberapa mantan pemain sepakbola profesional ternyata memilih melanjutkan karir di dunia yang berjauhan dengan sepakbola. Menekuni bisnis menjadi pilihan beberapa mantan pemain sepakbola profesional seperti David Beckham. Mantan gelandang sayap Manchester United dan Real Madrid tersebut memang dikenal aktif di dunia bisnis sejak masih aktif di lapangan hijau. Terlebih lagi Beckham juga menikahi seorang wanita selebriti; sang istri Victoria merupakan mantan anggota Spice Girls yang juga sangat populer pada masanya. Keduanya kini aktif mengelola bisnis di bidang fashion dengan berbagai produk seperti pakaian, sepatu hingga parfum. Kiprah Beckham di dunia bisnis sebenarnya telah dimulai sejak masih bermain sebagai pemain sepakbola profesional. Ia pernah menjadi brand ambassador dari beberapa merek terkemuka dunia seperti Adidas dan H&M.

Mantan Pemain Sepakbola Yang Menekuni Bisnis Setelah Pensiun

Selain menjalankan bisnis di bidang fashion; David Beckham juga tetap menjalani kegiatan bisnis yang berkaitan langsung dengan sepakbola. Bersama Simon Fuller yang juga merupakan orang Inggris; Beckham kini merupakan salah satu pemilik klub Major League Soccer Miami MLS Team. Tim tersebut tengah menyelesaikan pembangunan stadion sebelum resmi bergabung dalam kompetisi Major League Soccer di Amrika Serikat. Setelah sempat membuat sekolah sepakbola David Beckham Academy di London dan Los Angeles pada tahun 2005 hingga 2009; Beckham dikabarkan tengah menyiapkan kegiatan serupa yang digulirkan berkeliling dunia untuk menjaring bakat muda dan memberi kesempatan bagi anak – anak untuk berlatih sepakbola dengan lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *